CEO Facebook Mark Zuckerberg

DetikAsia.com | CEO Facebook Mark Zuckerberg akhirnya buka suara terkait dengan skandal data yang menerpa perusahaannya. Pria beranak dua ini mengakui kesalahan perusahaannya dan berusaha untuk memperbaikinya.

Facebook mengalami banyak masalah setelah diketahui, perusahaan luar telah menyalahgunakan data pengguna yang dikumpulkan melalui Facebook. Kini, CEO Facebook mencoba cara lain untuk melindungi data pengguna lebih baik lagi.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk melindungi data Anda, dan jika kami tidak bisa maka kami tidak pantas melayani Anda,” tulis Zuckerberg disebuah posting-an Facebook.

“Saya telah bekerja untuk memahami dengan tepat apa yang terjadi dan bagaimana memastikan hal ini tidak terjadi lagi. Kabar baiknya, tindakan paling penting untuk mencegah hal ini terjadi lagi hari ini sudah diambil beberapa tahun lalu. Tapi, kami membuat kesalahan, masih ada yang perlu dilakukan, dan kami melangkah serta melakukannya,” ujarnya lebih lanjut sebagaimana dikutip iNews.id dari Ubergizmo, Kamis (22/3/2018).

Untuk melakukan ini, Facebook akan melihat semua aplikasi yang mungkin memiliki akses ke sebagian besar data pengguna dan akan melakukan audit penuh pada aplikasi apa pun dengan aktivitas mencurigakan.

Selain itu, mereka juga akan melarang pengembang yang menyalahgunakan informasi identitas pribadi dan membatasi akses data pengembang lebih jauh lagi, seperti menghapus akses ke data pengguna jika mereka tidak menggunakan aplikasi mereka dalam tiga bulan.

Data pribadi juga akan lebih jauh dikurangi menjadi hanya nama pengguna, foto profil, dan alamat e-mail. Bahkan, data tambahan akan mengharuskan pengembang bukan hanya mencari persetujuan tapi juga menandatangani kontrak.

Facebook juga memiliki rencana untuk meluncurkan alat baru di bagian atas News Feed yang menunjukkan kepada pengguna aplikasi yang mereka gunakan. Raksasa jejaring sosial ini juga akan menyediakan cara mudah bagi pengguna untuk mencabut akses. (Inews/TR)

BAGIKAN

BERIKAN KOMENTAR

Silakan berikan komentar anda
Silakan masukan nama anda disini