Pintu Tol Helvetia (Foto : metro-online.co)

DetikAsia.com, Medan – Pembangunan jalan tol Medan-Binjai ruas Helvetia-Marelan segera rampung dan rencananya akan mulai difungsikan pada saat Lebaran 2018. Dan, akan dibuka pada Sabtu (9/6) besok.

“Kita masih menunggu dari pusat karena sekarang lagi proses. Secepatnya, kemungkinan akan dibuka besok,” kata pegawai PT. Jasa Marga, Agus Cholic, Jumat (8/7).

Agus menjelaskan, pada awal difungsikan, pengguna jalan tol tidak akan dipungut biaya untuk melintas di jalur itu. “Meski tetap harus menggunakan kartu tol, lintasan dari pintu Marelan-Helvetia digratiskan hingga H+7 Lebaran,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan jalan tol Medan-Binjai terus dilakukan menjelang Lebaran tahun 2018. Hasilnya menunjukkan progres positif. Saat ini, ruas Helvetia-Marelan segera rampung dan akan difungsikan sepekan sebelum lebaran.

“Progresnya sudah 90 persen dan diperkirakan tanggal 5 Juni 2018 sudah siap difungsikan,” kata pemimpin  proyek jalan tol Medan-Binjai, Hestu Budi Husodo, beberapa waktu lalu.

Menurut Hestu, sejauh ini tol Medan-Binjai yang sudah dioperasikan, tapi masih dari Binjai ke Helvetia. Terdapat bagian yang belum rampung, yakni dari Helvetia ke Tanjung Mulia dengan jarak sekitar 7 kilometer.

Kemudian, kesiapan jalur itu akan ditinjau langsung oleh, seperti kepolisian dan Dinas Perhubungan. Selanjutnya pada H-7 Lebaran pintu tol Marelan di Jalan Veteran itu akan dibuka untuk umum.

Jika ruas Helvetia-Marelan difungsikan, pembangunan tol Medan-Binjai ini tinggal menyisakan jalur Marelan-Tanjung Mulia dengan jarak sekitar 4 kilometer.(Analisa/TR)

BAGIKAN

BERIKAN KOMENTAR

Silakan berikan komentar anda
Silakan masukan nama anda disini