Jakarta, DetikAsia.com
Gunawan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum (Ketum) DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 dalam Konferensi Luar Biasa (KLB), Jumat-Sabtu (1-2/12/2017) di Hotel Yonan, Puncak Bogor, Jawa Barat.
KLB yang berlangsung selama dua hari itu diikuti utusan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.
Berdasarkan pasal 17 ayat (2) Anggaran Rumah Tangga (ART) SBSI 1992 menyebutkan, Kongres dipimpin oleh 3 (Tiga) orang Majelis Pimpinan Sidang terdiri dari 1 (satu) orang unsur DPP, 1 (satu) orang unsur DPD dan 1 (satu) orang unsur DPC.
Maka terpilih untuk memimpin sidang Thomas Aquino SH (unsur DPP), Abednego Panjaitan SH (unsur DPD) dan Mardun SH (unsur DPC). Kongres Luar Biasa tersebut dihadiri DPD dan DPC SBSI 92 se- Indonesia.
Kemudian peserta KLB dari unsur DPD dan DPC secara aklamasi meminta Gunawan sebagai Ketua Umum DPP SBSI 1992. Selanjutnya, Ketum terpilih menentukan struktur kepengurusan DPP SBSI 1992.
KLB Tahun 2017 ini mengusung tema “Keterbukaan Kunci Organisasi yang Lebih Kuat”, akhirnya ditutup, Sabtu (02/12/2017) setelah Gunawan membacakan struktur DPP SBSI 1992 masa bhakti 2017-2020.
Dalam arahannya, Ketua Umum Gunawan meminta seluruh jajaran SBSI 1992 kompak dalam membangun Serikat.
“Saya tidak dapat bekerja tanpa dukungan rekan-rekan semua,” imbuhnya.
Gunawan juga meminta kepada seluruh jajaran kepengurusan yang telah terbentuk agar bisa melakukan konsolidasi ke bawah.
“Dengan KLB ini benar-benar membawa perubahan dalam pengembangan organisasi dan kemajuan organisasi,” harapnya.
Sementara itu, Ketua DPP Bidang Konsolidasi Thomas Aquino mengingatkan konsep perjuangan terhadap buruh ini harus lebih transfaran.
“Kuatnya sebuah organisasi selalu diukur dari keterbukaan dalam menjalankan roda organisasi. Hingga saat ini SBSI 1992 masih diperhitungkan, baik itu oleh pemerintah maupun organisasi buruh lainnya,” ujar Thomas.
Adapun susunan lengkap DPP SBSI 1992 yaitu Ketua Umum Gunawan, Ketua Bidang Konsolidasi Thomas Aquino SH, Ketua Bidang Hukum dan HAM Tony Panjaitan SH,
Sekretaris Umum M Azhari, Bendahara Umum Vindra Windalis, Ketua Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengkajian Organisasi Darmawan Yusuf SE SH MPd.
KLB juga merekomendasikan SBSI 1992 sepakat berafiliasi ke SBSI pimpinan Prof Dr Mukhtar Bebas Pakpahan SH MA dengan pertimbangan sejumlah syarat-syarat yang diajukan oleh SBSI 1992, Persyaratan berafiliasi sebagaimana dimaksud tersebut diamanahkan kepada DPP SBSI 1992 dengan mengedepankan masukan dan usulan dari DPD dan DPC SBSI 1992, DPP SBSI 1992 diamanahkan untuk merevisi AD/ART SBSI 1992 yang dianggap perlu dengan mengundang DPD SBSI 1992 se-Indonesia, DPP juga diamanahkan untuk mengurus secepatnya legalitas SBSI 1992 dengan pemberitahuan pergantian kepengurusan DPP SBSI 1992 ke Menteri Hukum dan HAM dan Lembaga terkait, dan mengamanahkan kepada DPP SBSI 1992 untuk memberitahukan secara tertulis hasil KLB kepada DPD dan DPC SBSI 1992 se-Indonesia.
Kegiatan KLB ditutup dengan sesi foto bersama (Sukma Panjaitan).

BAGIKAN

BERIKAN KOMENTAR

Silakan berikan komentar anda
Silakan masukan nama anda disini