KPU akan memulai rekapitulasi nasional Pemilu 2019 pada hari ini, Jumat (10/5). Rencananya ada 2 dari 34 provinsi yang akan direkapitulasi oleh KPU RI yaitu Bali dan Bangka Belitung.

“Hari ini kita mulai rekapitulasi nasional setelah Salat Jumat, pukul 13.00 WIB,” kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

KPU mengatakan untuk salinan hasil pemilu di Bali sudah tiba di Kantor KPU. Sementara untuk Bangka Belitung direncakan akan tiba malam.

“Ini sekadar melengkapi saja, saya tadi sudah minta sekretariat untuk memberikan undangan untuk besok rekapitulasi, nanti (saksi) yang belum hadir akan dikirimkan ke DPP masing-masing,” ucap Arief.

Sementara untuk mekanisme rekapitulasi nasional, KPU akan menggunakan metode satu panel. Namun jika nanti situasi rekapitulasi tidak kondusif, KPU akan menerapkan metode dua panel.

“Kita satu panel dulu, nanti bila mana diperlukan, dokumen masuk sangat banyak maka kita laksanakan rencana kita dibagi 2 panel. Karena hanya 2 provinsi kita hanya 1 panel dulu kalau memang dibutuhkan 2 panel supaya teman-teman saksi siap, Bawaslu juga siap maka itu akan kita lakukan hari berikutnya,” jelas Arief.

Rekapitulasi Pemilu 2019 dilakukan secara manual dan berjenjang hingga penetapan hasil Pemilu pada 22 Mei mendatang. Meski begitu, proses rekapitulasi suara di tingkat bawah belum selesai, bahkan banyak molor dari target. Baik rekap di tingkat kecamata, kab/kota, maupun provinsi yang masih berlangsung.(Kumparan/AW)

BERIKAN KOMENTAR

Silakan berikan komentar anda
Silakan masukan nama anda disini