Ilustrasi proyek infrastruktur di Indonesia Sumber: kp3ei

DetikAsia.com,Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berencana menawarkan 15 proyek infrastruktur ke investor Tiongkok. Saat ini, pemerintah Tiongkok secara resmi menunjuk rekan untuk mendiskusikan hal tersebut.

“Kita menyiapkan 15 proyek. Bukan Tiongkok saja. Semuanya. Sekarang progresnya sudah sampai officially pemerintah Tiongkok mau menunjuk siapa counterpart saya untuk mendiskusikannya,” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Kamis (12/4).

Sayang, Menteri Luhut tak menerangkan proyek apa saja yang akan ditawarkan itu. Dia hanya menyebut 15 proyek itu tersebar di wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Manado dan Bali.

Secara bersamaan, Luhut juga mengatakan bahwa pemerintah sedang menjajaki proyek-proyek tersebut dalam World Economic Forum. Yang akan digelar di Washington pada 18 April 2018 mendatang.

Bila dalam WEF tersebut terdapat investor yang berminat, maka tidak menutup kemungkinan investor tersebut yang terlebih dulu akan diberi kesempatan menggarapnya. “Jadi mana yang lebih cepat yang harganya lebih cocok ya itu,” kata dia.

Syarat yang harus dipenuhi investor di antaranya yaitu harus ramah lingkungan serta merekrut tenaga kerja lokal secara gradual. “Jujur kita belum punya tenaga teknis yang cukup banyak untuk bisa mengerjakan pekerjaan simultan proyek besar apalagi di luar Jawa,” tuturnya.(JPC/TR)

BAGIKAN

BERIKAN KOMENTAR

Silakan berikan komentar anda
Silakan masukan nama anda disini