Vania Felicia Berhentilah menyesali, mulailah mensyukuri. Berhentilah meragukan, dan mulailah melakukan

Penampakan Redenominasi Rp100 Bergambar Jokowi yang Viral

DETIKASIA – Baru-baru ini terdapat unggahan uang rupiah bergambar setengah badan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang viral di media social. Uang baru tersebut direkam menggunakan narasi redenominasi berupa pecahan uang kertas dengan nominal Rp100. Itu dipastikan hoax.

Berdasarkan temuan detikcom, pada Senin (8/2/2021), video itu diunggah di akun Instagram @jakarta.keras. Akun tersebut menyertakan sumber video yang berasal dari tiktok/aku.ijot.

Baca Juga: BLT UMKM Kembali Disalurkan Bank BRI Senilai Rp. 2,4 Juta Februari 2021

Uang kertas tersebut memiliki warna merah dengan bertuliskan Bank Indonesia (BI) beserta dengan logonya, lengkap juga dengan nomor seri.

Di satu sisi uang tersebut juga terpampang foto setengah badan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sementara disisi lain uang tersebut bergambar Istana Negara.

Pada video juga terdapat narasi “Katanya Indonesia mau Redenominasi” Dituliskan juga uang Rp100.000 akan menjadi Rp100, Rp50.000 akan menjadi Rp50, dan Rp10.000 akan menjadi Rp10.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menegaskan bahwa Bank Indonesia (BI) hingga saat ini belum mengeluarkan uang pecahan baru redenominasi. Dia memastikan uang yang beredar di dalam video tersebut hoax.

“Wah kacau, nggak ada,” tuturnya kepada detikcom, pada Senin (8/2/2021).

Sebelumnya pemerintah juga pernah mengeluarkan ilustrasi uang redenominasi pada media tahun 2013 lalu. Dalam ilustrasi tersebut, terdapat dua desain baru uang rupiah yang telah disederhanakan nilainya, dan uang yang digunakan bernilai Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Baca Juga: Kabar Baik! Update Bansos BST (Bantuan Sosial Tunai) Total Rp1,2 Juta untuk Seluruh Indonesia

Model pertama, pada saat masa transisi redenominasi. Dalam tampilan pertama ini, desain dari uang masih sama, cuma nilai nominalnya telah dipangkas, yaitu Rp20.000 menjadi Rp.20, Rp50.000 menjadi Rp50, dan Rp100.000 menjadi Rp100.

Model kedua, sesudah redenominasi berlaku. Dalam tampilan kedua ini, desain dari uang telah berubah dan nilai nominalnya telah dipangkas seperti di atas.

Vania Felicia
Vania Felicia Berhentilah menyesali, mulailah mensyukuri. Berhentilah meragukan, dan mulailah melakukan