DETIKASIA.COM – Apple baru saja memperingati ulang tahun peluncuran iPhone kesepuluh beberapa pekan silam. Dalam kesempatan tersebut, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu memperkenalkan iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X.

iPrice, perusahaan agregator online shopping asal Kuala Lumpur Malaysia, membeberkan data mengenai ketertarikan konsumen Indonesia terhadap iPhone model terbaru ini.

“Riset ini dilakukan untuk melihat seberapa besar antusiasme masyarakat Indonesia dengan peluncuran iPhone model terbaru,” tulis tim riset iPrice dalam keterangan tertulisnya kepada CNNIndonesia.com pada Jumat (29/9).

Dalam riset ini, iPrice membandingkan ketertarikan masyarakat Indonesia untuk beberapa model iPhone. Model yang dibandingkan adalah, iPhone 6, 7, 8 dan X.

Untuk mengukur prilaku konsumen, iPrice menggunakan data-data yang disediakan di Google Trends sepekan selama sebelum, saat dan sesudah peluncuran. Rupanya, model iPhone tahun ini hanya populer di kalangan masyarakat Indonesia pada 13 September yang merupakan hari perkenalannya.

“Jika kita melihat grafis yang ada, 5 hari sebelum peluncuran, masyarakat Indonesia lebih tertarik mencari “harga iPhone 6” dan “harga iPhone 7” dibandingkan “harga iPhone 8” atau “harga iPhone X”,” tulisnya.

Popularitas iPhone 8 dan X hanya meningkat tajam pada 13 September di Indonesia. Hal ini sudah dapat diprediksi karena banyak masyarakat Indonesia yang penasaran akan harga yang ditetapkan Apple untuk produk ini.

Sayangnya hanya dua hari setelah peluncuran sampai 21 September 2017, popularitas iPhone 8 dan X jatuh drastis kembali digantikan dengan iPhone 6 dan juga iPhone 7.

“Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia yang ingin mengganti smartphone berekspektasi harga iPhone 6 dan 7 akan turun. Ketika produk baru diluncurkan, biasanya model lama akan mengalami penurunan nilai dan harga,” tambah iPrice.

‘Harga iPhone X’ justru populer di provinsi dengan UMP rendah

Enam dari 10 provinsi dengan UMP tertinggi 2017 lebih tertarik untuk mencari “harga iPhone 6” dibandingkan dengan iPhone model baru.
Provinsi seperti DKI Jakarta (Rp 3.355.750), Sulawesi Utara (Rp 2.598.000), Aceh (2.500.000), Sulawesi Selatan (2.500.000), Sumatera Selatan (Rp 2.388.000), dan Kepulauan Riau (Rp 2.358.454) tampaknya masyarakat harga iPhone sebelumnya mungkin sudah turun dengan munculnya produk baru.

Namun yang menarik, topik ‘Harga iPhone X’ justru populer di provinsi yang memiliki UMP lebih rendah seperti Gorontalo (Rp 2,030,000. Urutan ke-14), dan juga Kalimantan Timur (Rp 2,354,800. Urutan ke-10). Paling murah, iPhone X akan dibanderol Rp13 jutaan di Indonesia.

Model iPhone lama masih berjaya

Berbeda dengan kepopuleran iPhone 8 dan X yang hanya sekejap. iPrice menulis menemukan bahwa ‘iPhone 5’ masih menjadi topik yang sangat populer jika dibandingkan dengan model iPhone sebelumnya yaitu ‘iPhone 4’.

Popularitas iPhone 5 bahkan bertahan sampai peluncuran model iPhone generasi selanjutnya. iPhone 6 juga dapat mempertahankan popularitasnya setelah peluncuran setidaknya lebih lima bulan.

Sayangnya, ketertarikan masyarakat akan iPhone 7 dan juga iPhone 8 dan X jatuh drastis dalam beberapa minggu.

Alasannya, tak sedikit netizen yang mengeluhkan mahalnya tiga iPhone baru tersebut. Apple juga disebut-sebut tak lagi seinovatif dahulu karena kamera ganda dan layar OLED telah hadir beberapa tahun sebelumnya dari pabrikan ponsel lain (cnn|dwk)

BAGIKAN

BERIKAN KOMENTAR

Silakan berikan komentar anda
Silakan masukan nama anda disini