Bali, Detikasia | Staf Khusus Presiden Lenis Kogoya, S.Th., M.Hum akan membangun desa percontohan adat di Desa Pesaban, Rendang, Karangasem, Bali.

“Adat identik kebenaran dan Tuhan, Jadi sangat Pas Adat, mudah-mudahanĀ  Desa Paseban bisa menjadi Proyek pencontohan Desa wisata Adat di Bali, ” Kata Staf Khusus Presiden RI, Lenis Kogoya Ketika bertatap muka dengan warga Desa Paseban, Rendang, Karangasem terkait pembangunan Desa Wisata di Pura Puseh, Sabtu (2/2).

Banyak keuntungan ganda yang bisa didapatkan dari desa wisata adat mulai dari pelestarian adat, seni dan budaya sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah.

Ia mengatakan secara teknis, warga masyarakat diminta membuat desain yang baik dan detail dalam bentuk proposal yang nantinya diajukan ke Presiden Jokowi agar diteruskan ke Kementrian yang membidanginya.

Selain menyinggung soal Desa wisata, Lenis yang juga kepala Suku di Papua ini juga menjelaskan akan rencananya besarnya akan usulan membuat kementrian Adat.

Menurutnya kementrian ini mesti ada dibangun sebagai salah satu langkah membangun Adat sebagai pondasi mempertahankan NKRI.

“Adat itu sangat Kuat, seperti kami di Papua keberadaan adatnya sangat kuat, untuk itu sangat penting ditangani secara khusus, “jelasnya.

Untuk itu, secara detail soal pengaturan Adat ini juga akan dibahas khusus di Papua. ” Nanti Kepala Adat disini juga akan kami undang dalam Pembahasan itu, “ucapnya.

Bendera Adat Pesaban, I Made Sudiarta didampingi Kepala Desa, Dewa Sarjana sangat berterima kasih kunjungan itu.

Pihaknya sudah membahas secara detail soal pembangunan Desa Wisata di Pesaban.

Disisi lain, pada kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan proposal oleh Kepala Desa Pesaban, Dewa Sarjana kepada Lenis Kogoya.(mbc/darmawan yusuf)

BAGIKAN

BERIKAN KOMENTAR

Silakan berikan komentar anda
Silakan masukan nama anda disini